Berobat ke Sunway Kuala Lumpur Malaysia Ada Penerjemah Bagi Pasien Asal Indonesia

Masuk ke rumah sakit Sunway Medical Center di Bandar Sunway Selangor, Malaysia, ada perbedaan. Ketika turun dari kendaraan di lobi rumah sakit, terkesan bukan sebuah rumah sakit. Troli pembawa koper tersedia di lobi. Begitu masuk ke dalam lobi, di sisi kanan terdapat kafe. Ketika melangkah masuk ke bagian ruang rawat jalan, ada minimarket di lorong lantai dasar. Pada bagian teras terdapat beberapa bangku untuk duduk-duduk. Bangku itu bisa dimanfaat untuk menunggu jemputan atau taksi. Sedangkan di sebelah kiri dari bagian lobi merupakan tempat pendaftaran pasien yang akan rawat inap. Sementara bagian ruang gawat darurat ada di sayap kiri dari bangunan rumah sakit. Di setiap lantai bangunan rumah sakit yang terdiri dari lima lantai terdapat layanan rawat jalan. Setiap dokter spesialis dan umum, serta rehabillitas rawat jalan memiliki ruang berbeda-beda. Meski ruang praktik berbeda-beda, pendaftaran pasien berada di masing-masing rawat jalan. Termasuk pembayaran serta pengambilan obat bagi pasien. Pasien tidak perlu berpindah tempat atau berganti lantai untuk mendaftar, membayar, dan mengambil obat. Meski demikian, rumah sakit itu tetap mempunyai apotek utama di lantai dasar. Para dokter pun selalu berada di rumah sakit ketika pasien sudah ada di sana. Pasien tidak perlu menunggu lama kedatangan dokter yang praktik di rumah sakit itu. Penerjemah Rumah sakit yang memiliki 359 tempat tidur, 130 ruang konsultasi, dan 190 dokter spesialis juga melayani pasien dari luar Malaysia, seperti pasien dari Indonesia. “5 persen-10 persen rumah sakit ini berasal dari Indonesia. Kami menyiapkan penerjemah untuk membantu pasien dari Indonesia. Penerjemah kami juga berasal dari Indonesia,” kata Simon Chiok, Senior Manager Business Development (International) Sunway Medical Center, kepada Warta Kota. Kemampuan mereka, kata Simon, setara dengan perawat. Mereka tidak sekadar menerjemahkan saja, tetapi bisa menjelaskan semua kebutuhan pasien ketika akan melakukan perawatan atau pemeriksaan di rumah sakit ini. Bahkan, kata Nugraha Bio, Manager Pusat Layanan Informasi Rumah Sakit Sunyway, rumah sakit ini juga memiliki perwakilan di Indonesia. Termasuk di Jakarta. “Sebelum ke sini, bisa bertanya ke kantor kami di Jakarta. Semua bisa dijelaskan secara detail soal pelayanan dan dokter yang akan pasien pilih. Termasuk saran akomodasi di sana,” kata Bio. Bio mengatakan, pasien yang akan berobat di rumah sakit ini tidak perlu khawatir ketika berangkat ke Malaysia. Pasien akan dijemput oleh pihak rumah sakit dan diantar ke rumah sakit. Pasien tidak perlu menunggu lama di bandara untuk diantar ke rumah sakit. Bio mengatakan, misalnya ada dua pasien yang akan datang dengan penerbangan berbeda, siapa yang datang dulu langsung diantar ke rumah sakit. “Meski selisih waktu lima menit, kami antar terlebih dahulu yang sudah sampai,” kata Bio. (ang)

Comments

Popular posts from this blog

Perusahaan Ini Melanjutkan Proyek Properti di Karawaci

Humobility World, Komitmen Daihatsu Terhadap Manusia dan Lingkungan (I)

Bursa Mainan Prumpung Jadi Pilihan