Nyuci Helm Bisa Dapat Rp 2 Juta/bulan

Meningkatnya pengguna sepeda motor di Indonesia untuk membuat usaha jasa yang belum banyak dilirik dan memiliki potensi pasar yang besar pula. Jasa yang belum banyak dilirik adalah bisnis cuci helm dengan menggunakan alat khusus sehingga helm dapat dicuci dan siap pakai kembali dalam waktu singkat.
Keunikan itu dipilih Bagas Condro Baskoro untuk mendirikan dan membuka usaha pencucian helm dengan nama healthy helm. Bagas melihat peluang cuci helm itu belum banyak dan unik. Pasalnya, mencuci helm mempunyai kendala dalam proses pencucian helm yang membutuhkan waktu lama. Untuk itu Bagas melakukan serangkaian percobaan untuk membuat mesin khusus pencuci helm yang dapat mencuci dan mengeringkan helm dalam waktu singkat.
"Jasa ini belum banyak dan unik. Saya membuat mesin khusus pencuci helm sendiri selama berbulan-bulan. Bahkan onderdil untuk pembuat mesin pencuci helm ini masih harus impor. Alat yang sudah jadi itu terus diujicobakan hingga berhasil. Awalnya pencucian helm memmbutuhkan waktu hingga 3 jam lebih. Mesin terus kami kembangkan hingga akhirnya dapat mencuci, mengeringkan, dan helm siap pakai hanya dalam waktu satu jam," ujar Bagas ketika ditemui di kantornya Kamis (28/4).
Ingin membuat usaha ini? Healthy helm menawarkan kerjasama untuk menjalankan usaha ini. Bagas mengatakan, ada dua pola kerjasama yang ditawarkan, yakni channeling dan distributor. Channeling adalah bentuk kerjasama dimana healthy helm memberikan fasilitas peralatan dan training. Sedangkan distributor adalah bentuk kerjasama dimana healthy helm memberikan fasilitas peralatan dan training serta mendapatkan keuntungan Rp 2 juta untuk setiap penjualan di daerahnya.
Bagas mengungkapkan, selain bentuk dua kerjasama itu ada juga pola kerjasama operasi (KSO). Untuk KSO itu pihak healthy helm akan melakukan survey lokasi untuk membuat outlet pencucian helm itu. Kalau dari hasil survey itu layak untuk dibuka outlet maka healthy helm akan membuka outlet itu. Untuk kerjsama menggunakan pola bagi hasil dari jasa pencucian helm. Jasa pencucian helm yang dipatok oleh healty helm adalah Rp 13.500/helm.
"Dengan KSO itu healty helm memperoleh Rp 7.500 dan investor Rp 6.000. Dan KSO ini investor tidak mengeluarkan dana untuk investasi peralatan. Untuk KSO ini paling tidak lokasi yang akan didirikan itu ramai dengan sepeda motor. Misalnya, usaha cucian motor, parkiran motor, dan area yang mempunyai kepadatan sepeda motor yang cukup padat. Healthy helm saat ini juga sedang melakukan negosiasi untuk KSO ini," ujar Bagas.
Mengenai ongkos jasa pencucian healty helm sudah mematok biaya pencucian minimal Rp 13.500. Menurut Bagas, dengan harga minimal yang sudah ditentukan itu untuk menjaga kualitas dari usaha pencucian helm ini. Dia mengatakan, jika ada investor ingin menawarkan harga di atas harga minimal itu diperbolehkan. Namun jika menawarkan di bawah Rp 13.500 pihak healty helm melarang.
Untuk menjadi distributor investor mengeluarkan dana sebesar Rp 50 juta. Sebagai distributor dapat menawarkan paket healty helm kepada calon investor lainnya yang ingin membuka usaha pencucian helm ini. Setiap penjualan kepada calon investor lain maka distributor akan memperoleh keuntungan Rp 2 juta. Sedangkan untuk menjadi channeling harus menyediakan dana Rp 25 juta. Dengan menjadi channeling investor berhak menggunakan merek sendiri atau dapat juga melakukan KSO dengan pihak lain.
"Kerjasama dalam bentuk distributor dan channeling ini pihak healty helm akan memberikan paket untuk masing-masing bentuk kerjasama itu. Seperti mesin pencuci helm, meja, training, promosi, garansi mesin pencuci," kata Bagas. (ang)

Healthy Helm
Jl. Fatmawati Raya
Ruko Fatmawati Mas No. 112
Jakarta
Telepon :
021.71698561

Ilustrasi investasi pola channeling :

Biaya channeling fee Rp 25.000.000
Biaya sewa 2 bulan dimuka Rp 700.000
Tempat duduk tamu Rp 700.000
Hp operator, kipas angin, radio, rice cooker Rp 780.000
Total Investasi Rp 27.180.000

Biaya operasional perbulan
Biaya bahan pembersih dan pewangi Rp 119.000
Insentif operator Rp 600.000
Gaji pokok (uang kehadiran &
makan) Rp 300.000
Sewa tempat Rp 350.000
Biaya listrik PLN Rp 150.000
Maintenance peralatan Rp 150.000
Total biaya Rp 1.661.900

Proyeksi pendapatan perbulan
Target pesimis helm perhari 5 helm
Profit perhelm Rp 7.900
Total profit perhari Rp 39.802
Net profit perbulan Rp 1.194.050
Return of investment (ROI)/tahun 52,7 persen
Return of investment (ROI)/bulan 4,4 persen
Lama pengembalian modal 22,76 bulan

Target moderat helm perhari 10 helm
Profit perhelm Rp 7.900
Total profit perhari Rp 79.603
Net profit perbulan Rp 2.388.100
Return of investment (ROI)/tahun 105,4 persen
Return of investment (ROI)/bulan 8,8 persen
Lama pengembalian modal 11,38 bulan

Sumber : Healty Helm

Comments

Popular posts from this blog

Perusahaan Ini Melanjutkan Proyek Properti di Karawaci

Humobility World, Komitmen Daihatsu Terhadap Manusia dan Lingkungan (I)

Bursa Mainan Prumpung Jadi Pilihan